16 Februari 2016

Kesadaran Kesehatan dan Gizi bagi Anak


www.ceritablogger.com

Pernahkan Anda mendapatkan buah hati tercinta malas mengonsumsi sayur dan buah? Makanan yang kerap dikonsumsi pun cenderung makanan yang cepat saji serta banyak mengandung penyedap dan pengawet. Bayangkan jika di sekolah setiap harinya mereka juga jajan dan mengonsumsi makanan serupa tanpa sepengetahuan Anda. Hal ini tentu saja merisaukan para orangtua. Terlebih, anak juga jadi malas bergerak dan olah tubuh. Padahal dalam membangun kecerdasan generasi muda Indonesia, perlu juga meningkatkan kesadaran kesehatan dan gizi. Salah satunya dengan membiasakan anak untuk banyak bergerak dan melakukan gaya hidup sehat. 

Salah satu produsen susu di Indonesia berkerja sama dengan tim dari Pusat Kajian Gisi Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Indonesia menyelenggarakan Studi Knowledge, Attitude, Practice (pengetahuan, Sikap,Perilaku/KAP), yang menjadi bagian dari program Gerakan Nusantara studi KAP dilakukan terhadap 174 guru dan 2.100 murid dari 31 murid sekolah dasar yang tersebar di 16 kabupaten/kota pada 5  provinsi Indonesia. 

Dalam paparannya di hadapan media,Ketua Pusat Kajian GIia, Ir. Ahmad Syafiq menyatakan, ""Secara keseluruhan terjadi peningkatan yang signifan terhadap pengetahuan mengenai gizi pada guru maupun siswa setelah dilakukan intervensi edukasi gizi. Namun,ada beberapa hal yang terakit dengan pengetahuan mengenai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) dan fungsi masing-masing zat Gisi. Perubahan signifikan juga terlihat pada pengetahuan dan sikap terkait konsumsi buah, berolahraga, pengetahuan tentang jajanan sehat dan kebiasaan membawa makanan sehat. 

Hasil studi juga mempelihatkan kaitan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perilaku anak dalam bergaya hidup sehat, seperti ketersediaan lapangan untuk olahraga dan ketersediaan makanan dan jajanan sehat, baik tersdia di rumah maupun sekolah. Akan sangat baik jika program Gerakan Nusantara dengan komitmen membantu pemenuhan gizi anak Indonesia demi terciptakan ikatan keluarga yang kuat terus berlangsung dan berkelanjutan.namun, semua ini perlu dukungan semua pihak terutama orangtua. 

Biasakan anak membawa bekal makanan sehat ke sekolah.Dampingi dan beri pengertian buah hati Anda untuk menjalankan pola hidup sehat.Contohkan pada mereka bagimana menjalani hidup sehat yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...