22 Juni 2015

Kesehatan Mata di Usia 40 tahun ke Atas

google.com

Bagaimana tahapan proses penuaan pada mata?
Semakin meningkat usia manusia, seluruh fungsi organ termasuk mata ikut menurun.  Proses penuaan (degeneratif) pun dimulai,. Tahapan penuaan pada mala dimulai sejak usia 40 tahun dimana daya akomodasi atau daya membaca dekat mulai menurun diikiti proses penurunana fungsi organ di mata seperti pada lensa (umumnya penyakit katarak) dan retina (ditandai dengan salah satunya Age Macular Degeneration/AMD yaitu kelainan makula atau bagian dari retina, terkait usia).

Apakah pasien dengan mata minus dan silinder dikategorikan sebagai kelainan mata yang bersifat regeneratif?
Kelainan refransi atau kelainan penglihatan jauh, baik itu mata minus , plus atau sildern bisa diturunkan secara genetik dari orangtua ke anak dan geenrasi selanjutnya. Faktor genetik pada mata minus (myopia) mencapai angka 89%. Penelitian itu mengindetifikasikan gen yang mungkin bertanggung jawab terhadap myopia regenratifi, yaitu versi cacat gen PAX6.  Selain faktor genetik, faktor bentuk atau panjang bola mata serta faktor lingkungan seperti kebiasaan membaca atau menonton terlalu dekat merupakan salah satu penyebab kelainan refraksi.

Apakah kelainan mata, minus dan silenr dapat disembuhkan?
Kelainan minus atau silinder bila tidak disertai adanya faktor genetik, dapat diciegah kemunculannya dengan menjaga mata untuk tidak melakukan pekerjaan melihat dengan jarah terlalu dekat sejak usia dini, seperti baca , nonton televisi dan benda elektronik.  Kelainan mata minus, plus, atau silender dapat dihilangankan dengan cara operasi (pengganti lensa atau cara LASIK).

Mengapa ketika memasuki usia 40, harus memaki kacamata plus untuk membaca?
Memasuki usia 40 tahun, daya akomodasi lensa mulai berkurang disebabkan terjadinya penebalan lensa mata yagn berdampak pada penurunan kelenturannya.  Akibatnya mata kurang dapat memfokuskan sinar yang masuk secara akurat ketika objek dekat. Kelianan mata ini juga disebut sebagai Presbyopia. Untuk mengoreksi pengelihatan dekat dibutuhkan kacamata dengan ukuran plus.

Apakah presbyopia dialami oleh mereka yang berusia 40 tahun ke atas?
Selain presbyopia, ada beberapa kelainan mata yang terjadi pada usia lebih dari 40 tahun, antara lain katarak atau AMD, namun, tidak semua orang akan mengalami kelainan ini. Baik katarak maupun AMD umumnya baru mulai timbul setelah usia 60 tahun, kecila penderita sakit sistemik, seperti diabetes, Hipertensi atau displipedemia.  Sementara kelianan mata lainnya seperti glaukoma dapat timbul di usia berapa pun.
Glaukoma terjadi karena tersumbatnya saluran irigasi di dalam bola mata yang mengakibatkan tekanan di dalam bola mata meningkat hingga menekan saraf mata. Dapat diobati dengan mengontrol tekanan bola mata. Glaukoma dapat menimbulkan kebutaan.

Bagaimana tips menjaga kesehatan mata?
Memasuki usia-40 tahun, sebaiknya melakukan medical check up secara menyeluruh termasuk mata. Hal penting yang diingat adalah beberapa kelainan pada mata timbul tanpa disertai gejala yang jeals, dan baru terasa oleh penderita pada stadium lanjut, telah terjadi kerusakan yang cukup signifikan.  Usahakan tidak terlalu memaksa menggunakan mata untuk melakukan pekerjaan dekat, seperti membaca, menulis, bermain komputer dan barang elektronik secara berlebihan.  istirahatkan mata secara berkala (1-2 jam) dengan memejamkan mata dan melihat ke arah luar atau ke kejauhan selama 5-10 menit. Selain itu segera periksakkan mata kepada dokter jika timbul keluhan yang serius.


Sumber referensi:
better health by Eka Hospital
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...