19 Agustus 2015

Lemak Tubuh : Lebih Muda dari Usia yang Sebenarnya

Sejak usia menginjak lansia, saya lebih menyukai topik tentang kesehatan. Ternyata kesukaan atau hobby saya ini, juga sama dengan hobby teman saya yang seusia saya.   Pemikiran tentang kesehatan jauh lebih penting dari yang lainnya.

Ketika saya dan teman-teman mengadakan reunian berempat, ngomong atau obrolan utamanya adalah kesehatan.  Bagaimana kami menjaga makanan, melakukan cara menjaga kesehatan seperti senam, dan check up.  Check-up adalah salah satu cara untuk pencegahan suatu penyakit.  Lebih senang preventif dari pada jatuh sakit.

Selesai makan di suatu mall, kami berempat datang ke counter KalbeCare.  Melihat counternya yang sangat menarik.  Di depan sekali terdapat tempat bermain bagi anak-anak.  Hebat dong kenapa anak diberikan tempat untuk bermain. Yang pasti ada maksudnya.  Jika orangtuanya sedang check-up, anak dapat bermain tanpa mengganggu orangtua.  Wow, ide yang hebat sekali.

Nach, di sebelah kanan, ada beberapa gadis-gadis cantik yang duduk berpakaian putih dengan model layaknya seorang dokter.  Kita sebagai orang yang mau check-up duduk di depan mbak-mbak yang cantik ini.

Nach, yang pertama kami lakukan adalah check "indeks massa tulang" dengan suatu mesin.  Kaki kanan saya yang telanjang, dimasukkan ke suatu mesin kecil yang bergerak ke kiri kanan. Hanya dalam waktu singkat, 5 menit saja, hasilnya tercetak di suatu printer kecil yang telah disiapkan oleh mbak.   Rasa penasaran saya untuk segera mengetahui hasilnya.  Segera saya dekati mbak, dan melihat lembaran kecil dari hasil "Ostepenia:  :  T-chore  :  - 1,9  (66.2%  ;   Z-score  :  -1.0  (85.2%)  .  Apa itu artinya?  Tulang massa saya sudah berada di posisi kuning,  (angka kuning adalah  - 1.0  sampai -2.5)
Pertanda bahwa signal kuning itu saya perlu hati-hati agar tidak masuk ke area  -2.5 di area merah.
dokumen pribadi

Lalu, kami berempat masih penasaran dengan Indeks Masa Tubuh (MT) , setelah diukur dengan alat yang sederhana tapi canggih, hasilnya  IMT saya adalah 19,7 . IMT:   (kg/m2)
<18,5 Berat Badang Kurang, resiko rendah ;
18,5 - 22.9 : Normal
Nach saya masuk kategori normal... ini yang menyenangkan.

Menginjak perhitungan body age, saya mendapatkan hasil  boday age sama dengan usia 53 (wah senangnya ini jauh lebih muda).
Teman-teman saya yang lain yang hasilnya kurang baik karena hasil body age lebih dari usianya, segera bertanya kepada saya :  "Apa rahasianya"
Singkat komentar saya:   "Tiap hari senam dan tidak stres"
dokumen pribadi

Ayo, tingkatkan olahragamu dan hidup tanpa stres.
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...