2 Mei 2015

MERENGKUH KEBAIKAN YOGA

Dikutip dari Kompas 30 April 2015

Sejarah seni meditasi berasal dari negeri India, sejak 3000 tahun lalu. Yoga berasal dari bahasa Sansekerta juj.   Artinya penyatuan. Menurut ahli yoga, penyatuan dimaksud adalah penaytuan tubuh, pikiran dan jiwa untuk mencapai kebahagiaan, keseimbangan hidup serta mendekatkan diri dengan Tuhan dan alam sekitar.

Yoga mempunyai banyak jenis aliran. Hatha yoga, bikram yoga, yantra yoga, dan acro yoga adalah beberapa aliran yang populer saat ini. ALiran dasar dan populer adalah hatha yoga. Merupakan penyatuan denganpernafasan dan olah tubuh.


Pengembangan yoga misalnya bikram yoga dalam suhu ruang panas 42 derajat celsius sekaligus untuk detosifikasi, pre natal yoga untuk ibu hami, dan sun yoga untuk anak.

Manfaat yoga adalah untuk kesehatan. Ilmuwan dari Duke University, Durham,North Carolina , Amerika Serikat, manfaat yoga meningkatkan kondisi kesehatan pasien kanker payudara.  Dalam penelitian diketahui bahwa orang yang melakukan latihan yoga selama delapan pekan mendapatkan kondisi badan lebih bugar karena beberapa saraf tubuh yang mati bisa diaktifkan kembali.

Selain itu yoga mampu meningkatkan daya tahun tubuh, menghilangkan rasa sakit, gangguan tidur, dan berbagai gejala stres.

Yang jelas yoga dapat membantu memberikan keluwesan dan flesibilitas yang baik untuk tubuh. AManfaat ini langsung terasa karena di awal latihan biasanya ada gerakan backbend yang menyentuh ibu jari kaki. Pada awalnya latihan ini akan sulit, tetapi jika terus berlatih, secara perlahan tetapi flexibel akhirnya bisa menyentuh jempol kaki.

Seiring berjalannya waktu, rasa nyeri danpegal-pegal di tubuh hilang. Selain manfaat fleksibilitas , yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan manfaat lain berhubungan dengan tulang dan sendi, serta proses detoksifikasi. Hidup sehat dan tenang bisa diawali dengan rutin mengikuti yoga.
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...