7 Mei 2015

"D-O-A" Saja tidak cukup

DOA di sini tidak ada hubungan dengan spiritual.  DOA adalah singkat dari diet, olahraga, dan aktivitas yang menjadi tiga kata kunci bagi penderita diabetes melitus (DM) agar tetap bisa menjalani hidup dengan nyaman.

Cara-cara tidak cukup dengan DOA saja, tetapi juga kemampuan untuk mengelola stres akibat tekanan hidup sehari-hari.

www.healthhype.com

Adalah seorang yang sebutlah namanya Kirman.  Ia seorang karyawan swasta di Jakarta.  Dia divonis diabetes 8 tahun yang lalu. Padahal sebelumnya dia rutin pemeriksaan medis dan hasilnya tak pernah menunjukkan tanda-tanda penyakit ini.   "Status kesehatan saya selalu baik".  "Gula darah saya selalu dalam batas nomal," katanya.

Setelah ditelusuri dengan baik, ternyata kakek Kirman juga mengidap diabetes di usia lanjut.  Kecurigaan terbesar justru kondisi terkait pekerjaan . Hal-hal yang membuatnya stres seperti mutasi pekerjaan, beban pekerjaan berat, menjadi beban berat dan malas bekerja.  Sepanjang tubuhnya tegang dan kepala pusing sepanjang hari. Metabolisme meninggkat hingga badan turun 20 kilogram dalam waktu singkat.

Jenis Diabetes
Akibat dari gangguna mekanisme kerja hormon insulin sehingga gula darah yang ada dalam tubuh tidak dapat dinetralkan. Ada beberapa jenis DM yaitu DM TIpe 1, DM Tipe 2, TM Tipe Gestasional, . Yang banyak diderita adalah DM Tipe 2.

DM sebagai penyakit the silent killer karena dapat mengenai semua organ tubuh dan gangguan penglihatan,katarak, penyakit jantung, sakit ginjal, impotensi, seksual, luka sulit sembuh, membusuk, infeksi paru-paru, gangguan paru.

Perhatikan untuk Kebutuhan Kalori Penderita Diabetis:

Kalori per kilogram berat badan (BB) ideal

Dewasa Kerja santai Sedang Berat
Gemuk 25 30 35
Normal 30 35 40
Kurus 35 40 40-50
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...