26 April 2015

GAYA HIDUP PARA LANSIA


Ketika usia lansia atau senior sudah datang, tidak ada lagi kesempatan bagi para nenek dan opa untuk menemukan wadah atau komunitas yang mau menerima mereka sebagai adanya. Namun, di Indonesia Senior Citizen Club, adalah salah satu wadah untuk mengenang masa muda dan menumbuhkan semangat hidup.

Teringat kenangan lama, masa heroik, berjingkrak-jingkrak bergembira. Beranggotakan lebih dari seribu warga senior, anggota Indonesia Senior Club mengelar satu bulan sekali di Karawaci,Tangerang Selatan. Tersebar 35 cabang di sejumlah kota, ISCC telah menapaki usia yang ke-14.

Kegiatan rutin yang diadakan adalah mulai mengikuti arahan gerakan senam osteoporosis.  Sesekali diadakan ceramah kesehatan dari dokter ahli. Mereka juga bersama-sama mendoakan anggota yang beuralng tahun pada bulan tersebut.  Selain itu para nenek, kakek juga memperlihatkan kebolehannya dengan naik panggung.  Mereka boleh baca puisi, main drama, atau menyanyi.

Tiga kali dalam satu bulan, ISCC mengelar tur bagi para anggotanya.  Senang sekali mereka mendapat kesempatan ikut tur dengan rasa yang sangat bebas. Jika mereka pergi dengan keluarga, anak,cucu, mereka merasa harus jaim.

Kegiatan yang sangat menyenangkan itu, membuat para nenek, kakek itu merasakan hal yang lebih positif dan tidak mudah tersinggung, atau menghilangkan rasa tidak diperlukan lagi.  Pikiran yang positif dan kegiatan yang menyenangkan menimbulkan kegembiraan, dan pada akhirnya, mereka tidka lagi takut pada kematian, bahkan kesehatan lebih prima.  

Lewat komunitas , para senior makin sadar di usia senja adalah anugerah besar agar bisa membagikan pengalaman berharga kepada anak-anak muda. ""Seperti bunga , macam-macam wujudnya. Jika digabung bunga-bunga itu bisa jadi buket yang bagus".
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...